Minggu, 27 Maret 2016

metalphosis

Metalphosis merupakan archetype dari sekumpulan monster FIRE type Psychic. mereka memulai debutnya di TDIL (The Dark Illusion).

Secara etimologi, Metalphosis merupakan kombinasi kata "metal" dan "metamorphosis". nama monsternya pun diambil berdasarkan unsur-unsur logam dari kehidupan nyata.


Metalphosis bisa dibilang berdasarkan anime Megazone 23 dan Genesis Climber MOSPEADA yang kemudian diadaptasikan ke versi Robotech. Monster fusionnya merupakan transformasi dari monster pendulumnya, dimana kendaraannya berubah menjadi armor seperti yang ditunjukkan pada kartu spell "Metalphosis Fusion" dan contoh perubahan yang terjadi pada "Metalphosis Goldriver" menjadi "Metalphosis Orihulk"

berikut beberapa monster dan kartu spell/trap metalphosis:
Metalphosis Cardinal (Fusion/Psychic-type/FIRE/★★★★★★★★★/ATK 3000/DEF 3000)
Metalphosis Orihulk (Fusion/Effect/Psychic-type/FIRE/★★★★★★★★/ATK 2800/DEF 2200)
Metalphosis Adamante (Fusion/Psychic-type/FIRE/★★★★★/ATK 2500/DEF 2500)
Metalphosis Volflame (Pendulum/Psychic-type/FIRE/★★★★★★★/ATK 2400/DEF 2000)
Metalphosis Goldriver (Pendulum/Psychic-type/FIRE/★★★★/ATK 1900/DEF 500)
Metalphosis Silvbird (Pendulum/Psychic-type/FIRE/★★★/ATK 1700/DEF 100)
Metalphosis Steeleren (Pendulum/Psychic-type/FIRE/★★/ATK 0/DEF 2100)
Metalphosis Fusion (SPELL normal)
Metalphosis Combination (TRAP Continuous)

Kalau begitu akan saya ulas dari monster pendulumnya.
Pada dasarnya semua monster pendulum metamolphosis memiliki efek pendulum yang sama,yaitu dengan menghancurkan 1 kartu face-up yang kamu miliki, kamu bisa men set 1 kartu spell/trap metamolphosis.

Semua pendulum metamolphosis merupakan normal monster, sehingga banyak sekali kartu yang bisa mencari mereka dari deck seperti "Unexpected Dai", "Painful Decision", "Enchanting Fitting Room", dan sebagainya. ditambah mereka adalah monster type Psychic, sehingga kartu seperti "Emergency Teleport" juga bisa digunakan. Attribute mereka pun juga tidak kalah membantu, secara untuk Attribute FIRE kartu seperti "Circle of The Fire King" juga bisa menjadi alternatif untuk "Monster Reborn" di deck ini. dan juga scale yang dimiliki metalphosis bisa dibilang memiliki rentang yang sangat lebar, yaitu 1 dan 8. lebih lebar dari Archetype Igknight, membuat deck ini bisa disisipi banyak sekali monster kuat.

Untuk Fusionnya, dari Cardinal, Orihulk, dan Adamante, hanya Orihulk saja yang saat ini memiliki efek. Mesikipun begitu, Materialnya lah yang menurut saya menarik. Hanya 1 Monster metalphosis, dan sisanya adalah monster dengan ATK dibawah 2500 atau 3000 (untuk Cardinal). "Apapun" hal ini lah yang membuat deck ini bisa di mix dengan banyak sekali deck lain. terutama yang memiliki keuntungan ketika dikirim ke kuburan atau berada di kuburuan, atau bahkan untuk fokus ke pendulum summon itu sendiri.

Orihulk pun meskipun baru satu-satunya Fusion metalphosis yang memiliki efek, tapi efeknya bukanlah efek sembarangan. Ketika monster melphosismu menyerang monster bertahan akan memberikan piercing damage kepada lawan dan tidak hanya itu, dampak dari piercing damage tadi akan di double. jadi bukan cuma orihulk saja yang akan terpengaruh efek ini tapi semua monster metalphosis yang kamu kendalikan. membuat lawan kesulitan untuk menaruh monster pada posisi bertahan.

Orihulk juga memiliki efek yang kedua. yaitu ketika Orihulk dikirim dari arena ke kuburan, pengguna bisa menghancurkan 1 kartu di arena lawan. membuat penggunanya merasa tenang untuk memanggil orihulk, karena bahkan jika lawan berusaha untuk menghancurkan orihulk pada akhirnya pengguna tidak akan dirugikan karena efek kedua orihulk tersebut.
selanjutnya beralih ke kartu Spell metalphosis, yang menurut saya sangat broken sekali. "Metalphosis Fusion" efek pertamanya hanyalah polymerization biasa, tapi efek keduanya membuat kartu ini benar-benar efisien. dengan mengembalikan kartu ini dari kuburan ke deck, pengguna bisa draw 1 kartu. bukan hanya untuk draw saja. tapi juga merecycle. monsternya bisa mencari "Metalphosis Fusion" dan "Metalphosis Fusion" bisa merecycle dirinya sendiri. dan kartu ini juga tidak harus berada di deck metalphosis. secara kartu ini juga dijadikan cost untuk banyak deck dan efek recyclenya membuat kartu ini menjadi cost yang tidak sia-sia.
Lalu untuk trapnya, "Metalphosis Combination". ketika monster fusion dipanggil dengan cara fusion, pengguna bisa memanggil 1 monster metalphosis di kuburan ke arena dengan level lebih rendah dari level fusion yang dipanggil. pada akhirnya metalphosis mendapatkan monster rebornnya. dan tidak harus memfusion metalphosis untuk mengaktifkannya. bisa fusion apa saja. ditambah kartu trap ini continuous, bisa digunakan berkali-kali, dan jika terkirim ke kuburan bisa menambahkan 1 monster metalphosis dari deck ke tangan.

wes,,, segitu saja ulasannya.. :) tapi apa memang cuma itu?
tentu saja tidak.
jika kita perhatikan monster pendulum metalphosis memiliki level yang berbeda-beda. dari level 2 sampai level 7. yang muncul baru level 2, 3, 4, dan 7. kemungkinan masih ada level 5, dan 6 sehingga pas dengan scalenya.
monster fusionnya pun seperti yang saya katakan di atas, adalah transformasi dari monster pendulumnya, jadi kemungkinan masih ada 4 fusion lagi yang belum rilis. dan sebenarnya 1 fusion sudah di reveal di kartu trap "Metalphosis Combination". terlihat bahwa disana Fusion dari "Metalphosis Silvbird" beriringan dengan "Metalphosis Adamante" dan "Metalphosis Orihulk".
jadi tinggal tunggu waktu saja.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar