Sabtu, 26 Maret 2016

Atlantean


Biru sekali.... begitulah Atlantean



            Dikisahkan bahwa atlantean ini berperang melawan Fire king dan ber aliansi dengan Mermail melihat keteguhan dari fire king di dalam peperangan yang menghasilkan kekuatan seimbang. Kurang lebih seperti itu yang saya ingat.


            Kita mulai saja pembahasanya dimulai dari 3 monster atlantean yg menurut saya disinilah combo atlantean cukup mematikan.


Atlantean Dragoons
            Rata-rata kartu atlantean memiliki 2 efek. Untuk Atlantean Dragoons efek pertamanya adalah mengijinkan semua monster level 3 atau lebih rendah yang ber-type Sea serpent bisa menyerang pemain secara langsung (direct attack). Hal ini sangat disayangkan karena Atlantean Dragoons sendiri memiliki level 4 sehingga efek ini hanya berjalan untuk monster lain.
            Lalu efek kedua kartu ini, Jika kartu ini dikirim ke kuburan untuk mengaktifkan efek monster ber attribute Air (WATER), Pemain bisa menambahkan 1 monster ber-type Sea serpent dari deck ke tangan. Bisa dikatakan kartu ini merupakan searcher yang sangat utama didalam deck yang memakai sea serpent sebagai monster utamanya. Keuntungan dari efek monster ini adalah kita bisa menambahkan monster ber-type sea serpent, yup yang penting sea serpent. Tidak melihat apakah attributenya bukan air atau level berapa. Tentu saja akan sangat membantu khususnya di deck Mermail

Atlantean Infantry
            Infantry merupakan monster yang menurut saya lumayan hebat. Efek pertamanya mengijinkan pemain untuk normal summon lagi monster ber-type sea serpent pada main phase (efek ini hanya bekerja sekali dalam giliran tersebut). kartu ini setidak membantu monster-monster lain untuk muncul ke arena. sayangnya monster ini memiliki ATK 0, sehingga jika monster ini di normal summon hanya untuk mendapatkan efek pertaman, monster ini akan menjadi sasaran empuk jika tidak diamankan pada giliran itu juga (contoh: menjadi sasaran empuk dari utopia lighning, kita bisa terkena 5000 damage jika dibiarkan begitu saja).
            Meskipun begitu efek kedua monster inilah yang menjadi pusat perhatian saya dari deck Atlantean. Ketika kartu ini dikirim ke kuburan untuk mengaktifkan efek monster air, target 1 kartu yang face-up di arena lawan, lalu hancurkan. Tidak penting apakah itu kartu spell/trap atau monster, selama kartu itu face-up maka bisa menjadi target efek monster ini.

Atlantean Marksman
            Efek pertamanya ketika monster ini memberi damage ke lawan, pemain bisa special summon 1 level 4 atau dibawahnya monster dengan nama Atlantean dari deck. Meskipun ATKnya cum 1400 tapi kartu ini bisa menjadi beater berkat efeknya tersebut. Dikombinasikan dengan efek dari Dragoons, Marksman bisa menyerang Direct sekalipun ada monster di arena lawan. Efeknya aktif ketika inflict damage, lalu menyerang lagi dengan monster yang baru saja terpanggil berkat efek Marksman.
            Efek kedua monster ini bisa dibilang beriringan dengan efek dari Infantry. Ketika kartu ini dikirim ke kuburan untuk mengaktifkan efek monster air, target 1 kartu yang face-down di arena lawan, lalu hancurkan. Lagi-lagi efeknya tidak memandang itu spell/trap atau monster. Selama kartu itu face-down maka bisa menjadi target efek monster ini.

            Dari ketiga kartu di atas semua memiliki efek kedua yang aktif HANYA JIKA TERKIRIM KE KUBURAN UNTUK MENGAKTIFKAN EFEK MONSTER AIR (noh.. saya perjelas). Jadi jika kartu di atas hanya dkirim ke kuburan saja oleh spell/trap atau efek monster yang bukan ber attribute air, dan bukan karena untuk mengaktifkan efek monster ber attribute air, maka efeknya tidak akan aktif. Misal, dikirim kekuburan karena efek spell “Foolish Burial”, maka efeknya tidak akan jalan. Tapi jika dikirim ke kuburan untuk mengaktifkan efek “Genex Undine” maka efeknya akan aktif sesudah efek “Genex Undine” resolve.

Neptabyss the Atlantean Prince

            Kartu yang memang baru saja release dan menjadi searcher kedua di deck Atlantean. Efek pertamanya adalah dengan mengirimkan satu monster Atlantean dari deck ke kuburan, pemain bisa menambahkan 1 kartu dengan nama Atlantean dari deck ke tangan. Kirim monster tambahkan kartu, simplenya begitu. Tapi jika yang dikirim merupakan salah satu dari ketiga kartu di atas, tentu saja akan membuat efek kartu yang dikirim aktif dan itu merupakan +2 bagi pemain.
            Efek kedua Neptabyss sama halnya seperti atlantean yang lain, Jika dikirim ke kuburan untuk mengaktifkan efek monster air, bisa target 1 monster dengan nama Atlantean di kuburan, lalu di special summon. Tentu saja dengan melihat efek pertama dan kedua kartu ini bisa dikatakan kartu ini menjadi kartu yang wajib di deck atlantean, selain sebagai searcher kartu ini juga bisa merevive monster dikuburan. Monster ini juga memiliki level 1 sehingga bisa dipanggil dari deck melalui efek “One for One”. Bisa juga melalui efek dari “Deep Sea Diva”.

Poseidra, the Atlantean Dragon

            Ini merupakan kartu yang menjadi bintang utama di structure deck: Realm of the Sea Emperor. Kartu ini merupakan monster dengan ATK dan level tertinggi di deck Atlantean. Dan juga memiliki efek untuk special summon dirinya sendiri. Dengan mengorbankan 3 monster ber attribute air yang memiliki level 3 atau lebih rendah, special summon kartu ini, baik dari tangan maupun kuburan. Lalu ketika monster ini di panggil dengan cara seperti itu, semua kartu spell atau trap di arena harus dikembalikan ke tangan. Dan jika 3 atau lebih kartu dikembalikan maka monster lawan ATKnya akan berkurang 300 untuk setiap kartu yang dikembailkan.
            Pertama, efek special summon monster ini, yang dari tangan maupun kuburan itu lah yang menurut saya good sekali. Ditambah kartu ini ada di deck atlantean, secara monster yang di korbankan efeknya akan aktif. Lalu kedua, mengembalikan semua spell/trap di arena. ketika Giant trunade di banned, kartu ini malah menjadi Giant trunade sekaligus beater. Ditambah kartu ini juga akan mengurangi ATK monster lawan sebanyak minimal 900.

Selain monster-monster di atas juga ada beberapa keluarga monster atlantean yang lain, yaitu:
Atlantean Pikeman
Legendary Atlantean Tridon
Atlantean Attack Squad

sejujurnya monster diatas sebagai pelengkap saja jika dilihat dari kegunaannya.. jadi mungkin tidak terlalu membantu jika membawa lebih dari 2 di dalam deck.

Atlantean Pikeman sudah tidak perlu dijelaskan lagi karena dia normal monster... sebagai beater, boleh dg menggunakan efek dari Marksman. dan sangat memungkinkan akan lebih berguna sebagai bahan overlay untuk xyz rank 2.

Legendary Atlantean Tridon, sebenernya ATK yg minim dari deck Atlantean merupakan suatu berkah saya pikir karena bisa di recycle dari kuburan dengan mudah. misal efek kartu salvage, surface, dkk. sementara tridon dengan ATK  1600 tidak akan bekerja pada salvage. Selain sebagai material rank 3 Tridon bisa mengeluarkan Poseidra dari dalam deck dengan mudah, plus membuat semua monster lawan ATKnya berkurang sebanyak 300.

yang ketiga yaitu Atlantean Attack Squad dan inilah yang sering saya gunakan. karena selain sebagai material monster ini juga bisa dikatakan beater tertinggi kedua setelah poseidra. efeknya memboost ATK monster ini menjadi 2200 ATK sekalipun monster ini level 3. jadi ketika battle phase lalu Marksman memberikan damage, dengan memanggil monster ini bisa dikalkulasi bahwa total damage bisa menjadi 3600 ATK. cukup gede saya pikir melihat hanya dengan memakai 1 Marksman saja

Terakhir yaitu satu-satunya kartu non-monster dari Atlantean:
Call of the Atlanteans

Dengan kartu ini kalian bisa memanggil 3 monster sea serpent dari kuburan yang memiliki level 3 atau dibawahnya. dan ditambah, kartu ini quick-play spell. bisa diaktifkan dari tangan pada giliran diri sendiri, atau pilihan kedua sebagai kejutan di giliran lawan. dan ditambah lagi, kartu ini juga kartu Atlantean, sehingga bisa dicari dengan menggunakan efek Neptabyss. kata 3 monster dari efek kartu ini yang menurut benar-benar amazing, meskipun begitu pada giliran itu lawan tidak bisa spesial summon lagi selain special summon dari kartu ini. jadi jika ingin menggunakan kartu ini harus dipikirkan baik-baik apa tujuan kita special summon 3 monster tadi.

saya pikir itu saja lah bahasan dari kartu-kartu Atlantean... mungkin Next time saya bisa post kartu-kartu yang lain.. semoga.. :) sekian dan terima kasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar